Recent Posts

Senin, 21 Februari 2011

0 komentar

Pondok Pesantren Al-Munawwaroh

Dalam rangka upaya untuk membangun masa depan yang lebih maju dan sejahtera diperlukan suatu kredibilitas dan kap  abilitas di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi guna untuk mencerdaskan kehidupan Bangsa dan untuk menunjang Program Pemerintah di bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, berdedikasi yang tinggi, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.


Keberadaan Pondok Pesantren di tengah-tengah masyarakat majemuk dengan  keaneka ragaman suku, ras dan agama akan membawa dampak positif dan keharmonisan, sehingga apa yang telah menjadi program pemerintah Daerah untuk menjadikan Kabupaten Merauke menjadi zona Damai, Istana cinta kasih akan terwujud melalui pengamalan Motto


“ IZAKOD BEKAI IZAKOD KAI “ Satu Hati Satu Tujuan.


Pondok Pesantren Salafiyah Al-Munawwaroh yang didirikan pada tahun ajaran 2006-2007, akan mencoba menggali potensi SDM yang ada ditengah-tengah masyarakat guna untuk mendalami kajian ilmu pengetahuan, sains dan teknologi khususnya pada generasi muda yang masih memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi namun tidak memiliki kemampuan dari sisi financial, sehingga dibangunlah sebuah lembaga pendidikan Agama yang dapat mengakomodir semua strata social yang ada ditengah-tengah masyarakat.


Pondok Pesantren Salafiyah Al-Munawwaroh bukan hanya memiliki jenjang pendidikan Formal di bidang Madrasah seperti MI, MTs dan MA, namun juga telah memprogramkan akan membuka jenjang pendidikan Umum seperti SD, SMP dan juga SMA (Berbasis Pondok Pesantren). Kesemua jejanjang pendidikan yang diprogramkan baik yang sudah terlaksana maupun yang masih tahap sosialisasi adalah untuk memberikan sebuah pilihan kepada masyarakat yang masih awam tentang istilah pendidikan kegamaan khususnya masalah prospek masa depan.


Alhamdulillah pada tahun Ajaran 2009-2010, telah dibuka jenjang pendidikan Raodatul Athfal (RA-TK) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI-SD) sekaligus membuka Sekolah Menengah Pertama (SMP Berbasis PondokPesantren).


Terkait dengan program Pondok Pesantren dalam upaya penyebaran Da’wah Islamiyah untuk membentuk keperibadian Muslim yang berdedikasi dan berakhlakul karimah dalam membawa keluarga sakinah mawaddah wa rahmah, maka pihak Pondok telah mengadakan pembinaan terhadap beberapa kelompok pengajian (Majelis Ta’lim ) yang telah berlangsung sejak tahun 2002 yang lalu.


Peran serta Pondok Pesantren/Madrasah yang notabene memakai sistem pola Asrama dimana para siswa dan siswinya mendapatkan pembinaan khusus didalamnya sangat diminati dan sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat dengan sebuah pengharapan agar anak-anak mereka mendapatkan Pendidikan yang memiliki bobot Ilmiyah yang tinggi dengan disertai Iman dan Taqwa yang kuat. Untuk maksud tersebut diatas maka Yayasan Al-Munawwaroh Kabupaten Merauke bersama-sama dengan jajaran pengasuh Pondok, akan berupaya semaksimal


mungkin untuk memajukan lembaga pendidikan yang ada di lingkungan Pondok Pesantren, dengan cara bekerjasama dengan Tokoh Agama, Masyarakat, LSM dan Pemerintah Daerah (PEMDA).


 


Diharapkan ke depan semoga Pemerintah Daerah setempat dapat lebih memperhatikan lembaga pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Munawwaroh sebagai salah satu bentuk mitra dalam membangun Daerah Kabupaten Merauke secara Makro dan membangun mentalitas Generasi Bangsa secara Mikro.


Hal ini dapat kita lihat bersama dengan berbagai fenomena yang terjadi di tengah-tengah masyarakat bahwa tanpa adanya dukungan dari berbagai kalangan yang lebih khusus lagi Pemerintah Daerah, maka sebuah Organisasi akan berjalan ditempat dan tidak akan mengalami suatu kemajuan yang berarti.


Kita tidak akan mungkin tinggal berpangku tangan dengan berpura-pura tidak tahu bahwa Dunia Pendidikan sangat dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat, namun kita perlu membuka mata lebar-lebar bahwa dengan segala keterbatasan fasilitas yang kita miliki sangat lambat dalam mengejar keterbelakangan, sehingga generasi muda yang akan menjadi harapan Bangsa semakin terseok-seok dalam menghadapi tantangan ke depan.


Akhirnya, kita hanya dapat berusaha dan berdo’a kehadirat Ilahi Robbi, semoga lembaga Pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Munawwaroh Pintu Air Gudang Arang, diharapkan akan mampu menciptakan kader-kader bangsa yang berkualitas, berimtaq serta memiliki dedikasi yang tinggi, agar mampu menjawab tantangan di masa yang akan datang

0 komentar:

Best viewed on firefox 5+

Blogger templates

Blogger news

Blogroll

Copyright © Design by Dadang Herdiana